Mengupas Skripsi Kuantitatif Eksperimen dari A-Z (bagian pertama)
hallo, dalam tulisan ini akan dibagikan pengalaman dan trik-trik yang berguna banget bagi kamu yang ingin membuat skripsi pendidikan dengan judul pengaruh / perbedaan pengaruh metode / model / media pembelajaran terhadap hasil / prestasi belajar terutama yang kognitif .
BAGIAN PERTAMA : JUDUL PENELITIAN
Langkah pertama adalah menentukan judul penelitian. dalam pembuatan judul ini kalian harus benar2 cermat karena judul ini akan kalian jabarkan dan laksanakan di skripsi kalian.judul yang umum digunakan :
PENGARUH ..(A)... TERHADAP HASIL BELAJAR MAPEL ...(B)... PADA SISWA KELAS ...(C)... SMAN ................ SEMESTER ... TAHUN AJARAN ...(D)...
atau
PERBANDINGAN..(A1).. DAN..(A2)..TERHADAP PRESTASI BELAJAR
lihat juga Contoh-contoh judul skripsi eksperimen
lihat juga Contoh-contoh judul skripsi eksperimen
Mari kita bahas:
(A) = dapat berisi metode pembelajaran/model pembelajaran/media pembelajaran yang kalian pilih untuk diuji pengaruhnya
Dalam memilih metode/model/media ada beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan:
- apakah metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar? Untuk menjawabnya kalian harus mencari dari teori ahli pendidikan. Misal pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar menurut Slavin.
- metode kalian harus sesuaikan dengan mapel yang kalian pilih. Karena tidak semua metode cocok dengan suatu mapel tertentu. Kalian bisa cari skripsi-skripsi pendahulu yang tersebar di internet untuk mengetahui apakah metode x bisa dilakukan di mapel y
- dalam memilih metode kalian juga harus menyesuaikan dengan sekolah yang akan kalian buat untuk penelitian. Kadang2 di sekolah tertentu melarang suatu metode karena dianggap sudah jadul.
- dalam memilih metode pembelajaran jangan memilih yang sudah umum digunakan, misal metode STAD/jigsaw dan jangan memakai metode yang sama sekali belum digunakan. Jangan memakai yang umum digunakan karena akan mempermudah kalian dalam memasukan jurnal dan jangan menggunakan yang belum digunakan karena kalian membutuhkan penelitian2 terdahulu tentang metode yang akan kalian gunakan
(B) = mata pelajaran yang akan kalian gunakan.
Setiap mata pelajaran memiliki karakteristik sendiri, jika penelitian ini dibuat untuk skripsi tentu mata pelajaran akan menyesuaikan dengan jurusan kalian.
(C) = kelas atau tingkatan yang akan kalian pakai
Dalam menentukan kelas, banyak yang harus dipertimbangkan, contohnya:
- Tingkatan kelas mempengaruhi tingkatan berpikir anak. Kelas yang lebih tinggi tingkatanya otomatis tingkat berpikirnya akan lebih abstrak. Misal : siswa tingkat 10 sma akan lebih senang dengan metode pembelajaran kooperatif yang menyenangkan karena masih tahap transisi dari jenjang SMP, sedangkan kelas XII SMA dapat menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah karena tingkatan berpikirnya lebih tinggi
- dalam penelian eksperimen biasanya membutuhkan sedikitnya 3 kelas. Yaitu kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas validasi instrumen
- Untuk kelas eksperimen dan kontrol sedapat mungkin harus sama kemampuanya. Untuk menentukan kelas ini akan kita bahas di bab 3 :p
- Untuk kelas validasi instrumen, mereka akan mengerjakan instrumen tes yang kita buat. Untuk itu harus dipilih kelas yang lebih pintar dari kelas eksperimen atau kontrol dan harus diajarkan dulu secara singkat materi dari tes yang akan kita gunakan agar hasilnya maksimal.
(D) = kapan kalian akan melakukan penelitian
- Karena penelitianya di sekolah maka harus menyesuaikan jadwal di sekolah. Berbeda dengan PTK. Penelitian eksperimen/kuantitatif membutuhkan persiapan yang lebih panjang sebelum beraksi. Sebelum memberikan perlakuan di kelas eksperimen dan kontrol. Peneliti harus membuat RPP yang benar kemudian Harus dipastikan bahwa soal yang digunakan untuk pretest dan postes harus valid dan reliabel. Misal memakai media, media itu juga harus diuji kevalidan/kehandalanya. Lembar observasi juga harus dibuat untuk mengecek langkah2 pembelajaran. Untuk itu harus benar2 memperhatikan benar agar tidak kehabisan jam pelajaran
Sekian tulisan saya mengenai pertimbangan dalam menentukan judul skripsi kuantitatif eksperimen. Selanjutnya akan saya bahas mengenai pertimbangan dalam bab 1-bab 5
0 Response to "Mengupas Skripsi Kuantitatif Eksperimen dari A-Z (bagian pertama)"
Posting Komentar