-->

Cara menidurkan bayi yang rewel dan susah tidur menurut ahli serta para ibu

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada pembaca tentang cara menidurkan bayi yang rewel dan susah tidur.

Mendapati kondisi bayi yang rewel kemudian susah tidur tentu sangat mengganggu bagi para orang tua khususnya ibu.


Seperti kita ketahui bahwa bayi membutuhkan waktu tidur yang panjang. Kurang lebih 11-12 jam di malam hari dan 4-5 jam di siang hari. Jika kebutuhan dari tidur tersebut tidak terpenuhi maka akan mengganggu proses pertumbuhan sang bayi.

Mulai dari pertumbuhan fisik sampai pada pertumbuhan kemampuan otaknya. Oleh sebab itu penting untuk menjaga waktu tidur yang cukup serta kualitas tidur yang baik bagi sang buah hati. Dengan begitu maka manfaat tidur untuk pertumbuhan sang bayi dapat diperoleh dengan maksimal.

Masalah sulit tidur dan rewel bagi bayi tentu lumrah untuk terjadi. Bila hal tersebut terjadi pada bayi anda, maka cara berikut ini mungkin dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Bayi yang Rewel Menurut Para Ahli
Saat bayi mengantuk, bayi akan cendrung rewel. Berikut cara untuk mengatasi bayi yang rewel saat mau tidur menurut para ahli.

1. Gunakan strategi cahaya
Nyala dari suatu cahaya akam mendorong anak untuk terus terjaga. seperti dikatakan oleh Elizabeth Pantley, penulis dari bukuo The No-Cry Sleep Solution. Sebuah cahaya akan mengaktifkan tobol nyala dari bayi. Artinya bahwa sebuah cahaya akan membuat bayi cendrung untuk tetap terjaga dan tidak dapat tiru. Pada satu sisi kegelapan akan memicu bayi lebih mudah tidur.

Maka dari itu biasakan anak anda di siang hari mendapatkan cahaya yang cukup dan bawa bayi anda pada tempat yang gelap di malam hari. Hal itu dapat membentuk kebiasaan anak tertidur dengan baik.

a. Pada siang hari - biarkan banyak sinar matahari masuk ke dalam rumah atau bawalah mereka ke luar untuk mendapatkan cahaya yang cukup. Jika kamu menginginkan dia tidur siang, maka biarkanlah dia tidur siang di tempat yang penuh dengan cahaya (ruang yang terang).

b. Pada Malam Hari - untuk mendorong bayi agar mudah tidur, pasanglah lampu yang redup di kamar bayi. Begitupun pada ruang atau tempat dimana anda menghabiskan waktu malam berdua dengan bayi, maka gunakanlah lampu yang bercahaya tidak terlalu terang. Kemudian redupkan sedikit 2 jam sebelum anak anda akan mulai tidur.

c. Jika bayi anda bangun di malam hari - jangan nyalakan lampu dan membawa dia ke tempat yang terang benderang. Hal itu akan kembali memicu dia untuk tidak tidur lagi. Pergeseran kondisi gelap ke terang akan memberi tau otak bayi anda bahwa ini adalah waktunya terbangun.

d. Jika anak anda memiliki masalah tidur siang - pertimbangkan untuk mendesain nuansa ruangan anda menjadi ruangan yang gelap.

2. Letakkan Bayi di Atas Tempat Tidurnya
sebelumnya perlu di ketahui tentang skala tidur anak.Dengan menggunakan skala 1-10 dimana 1 adalah kondisi anak terjaga, 7-8 mulai mengantuk dan 10 bayi tertidur. Dengan memahami skala tersebut maka meletakkan bayi pada tempat tenang di skala 7-8 akan membantu anak mudah untuk tidur.

3. Tunggu untuk datang pada bayi di moment yang tepat.
Misalnya bayi anda tidur, pada tidurnya ia terlelap dan merengek. Anda yang mendengarnya kemudian datang dengan cepat padanya. Itu terjadi secara terus menerus. Kondisi tersebut haruslah di hindarkan. Ketika menghadapi bayi yang terbangun cobalah untuk tidak selalu datang padanya, ketika anda selalu datang dengan cepat saat dia memanggilku (merengek), anda hanya mengajarkan mereka untuk bangun lebih sering.

Tunggu beberapa saat (menit) untuk membiarkan mereka tertidur kembali dengan sendirinya. Namun jika dalam beberapa menit mereka tidak tertidur maka segeralah datang sebelum mereka menjadi tambah rewel ya.

4. Bersikap tenang dan terburu-buru
Saat malam hari kemudian bayi bangun dan rewel, terkadang para ibu terburu-buru untuk segera mengganti popoknya tanpa melihat benar-benar apakah popoknya adalah masalah sesungguhnya. Akibatnya perlakuan tersebut hanya membuat sang buah hati menjadi terganggu dan sulit untuk bangun lagi.

5. Berikan apa yang mereka butuhkan
Jika setelah bangun, bayi anda sulit untuk tidur maka berikanlah makan. Beberapa ahli mengatakan penyebab bayi terbangun adalah lapar. Hal tersebut karena pada malam hari bayi mengalami proses pertumbuhan yang sangat pesat sehingga membutuhkan makanan yang lebih.

Berikan makanan di tengah malam dapat membuat anak untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Selanjutnya berika dia ASI atau sebotol susu untuk menghindari dia haus. Jika ternyata dia tidak haus maka, memberikan dia dot dan menjaga ruangan tetap redup tanpa di serta cengkrama dengan mereka akan membuat mereka lebih cepat tidur.

6. Menerapkan jadwal yang konsisten untuk tidur bagi bayi.
Ini adalah cara yang ampuh untuk membiasakan bayi tidur dengan baik. Menjaga kualitas tidur di siang hari dan tidur di malam hari sangatlah penting

Cara yang dilakukan Ibu untuk menidurkan bayi yang rewel

Berikut ini saya bagikan beberapa tips yang dibagikan oleh beberapa ibu. Untuk menidurkan sang Buah Hati.
Sumber : babycenter.com.

"Pegang dan peluk bayi anda dekat dengan leher ada, kemudian bernyanyilah dan biarkan dia mendengarkan alunan suara nyanyian sang bunda. Suara nyanyian anda yang masuk melalui dada bercampur dengan detak jantung akan menenangkan bayi karena terdengar seperti suara rahim".

"Yang saya lakukan yaitu, menyanyikan lagu kesukaan saya kepadanya dengan berbisik sangat pelan ditelinganya.dia menyukai hal ini dan inu membuat dia tenang serta bahkan bisa tertidur"

"Saran dari saya adalah : ketika anak kita rewel tidak mau tidur, ketahuilah bahwa anak memiliki alasan untuk menangis. jadi dengan begitu itu membuatku bisa lebih sabar untuk menghadapi kondisi saat dia rewel".

"Saat bayi kita rewel, maka saran saya adalah tetap tenang, karena jika kita marah, bayi akan menangis lagi".

"Saat bayi saya menangis, saya membawa bayi saya dengan selempang dan menggendongnya. Hal itu berfungsi untuk menghentikannya menangis dan rewel".

"Saat bayi saya rewel, saya mengganti popoknya dengan penuh perhatian. nampaknya perhatian tersebut dapat menenangkan bayi saya".

"Menawarkan mainan dan berbicara dengan suara gembira, itu membuat bayi saya menjadi lebih tenang. Dia kemudian akan mulai bermain dengan mainan yang saya berikan".

"saat bayi saya rewel dan kelelahan, saya akan memberikannya cinta. Saya memeluknya dengan erat, dan menimang-nimang di gendonganku, serta memberikan dot di mulutnya".

"Mengajak dia untuk berada di atas ranjang tidur yang empuk dan memantul-mantulkan dirinya diatas ranjang tidur tersebut. Dapat membuatnya lebih bahagia dan tenang".

"jika bayi saya masih menangis setelah saya memberikan dia makan. Maka saya akan membawanya di atas ayunan dan membiarkannya bermain di ayunan tersebut karena pada dasarnya dia memang masih bersemangat".

"saat bayi saya rewel, saya memilih untuk memberikannya pijatan-pijatan kecil".

"Kondisi bayi yang rewel dan sulit tidur memang sangat mengganggu. Bagi saya itu memang hal yang harus di hadapi oleh orang tua terutama ibu. Maka dari itu menurutku solusinya yaitu bersabar, bagaimanapun juga kita akan menghadapi hal itu"

"Kalau kita jengkel menghadapi bayi yang rewel, maka bayi kita akan semakin rewel".

"Saat usia bayi saya 3 bulan. saya membeli akuarium dan mengisinya dengan ikan hias. Saya dapat melihat bahwa bayi saya bisa tenang dengan melihat ikan itu".

"Jika kamu sudah tidak bisa sabar menghadapi bayi yang rewel, artinya kamu frustasi menghadapinya. Maka mintalah bantuan orang lain. Hubungi keluarga, untuk sementara menjaga bayi anda. Dan beristirahatlah sejenak"

0 Response to "Cara menidurkan bayi yang rewel dan susah tidur menurut ahli serta para ibu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN 2

Iklan Tengah Artikel 2

IKLAN 3

Iklan Bawah Artikel

IKLAN 4