Contoh Proposal PTK SD Kelas 4 : Peningkatan Hasil Belajar Matematika dg Pendekatan Matematika Realistic
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN DAN OPERASINYA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (MR) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GENENG 2 KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Menghadapi era globalisasi yang diiringi dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat, seseorang dituntut untuk mampu memanfaatkan informasi dengan baik dan cepat. Sehingga dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan bernalar tinggi serta memiliki kemampuan untuk memproses informasi sehinga sehinga dapat digunakan untuk mengembangkan IPTEK. SDM Indonesia masih mengalami kekurangan dalam menciptakan teknologi yang semakin maju seperti sekarang. Kurangnya SDM yang berkualitas disebabkan oleh pemahaman terhadap suatu ilmu yang masih kurang maksimal, terutama ilmu-ilmu yang berkaitan dengan teknologi yang mendasar sepert matematika.
Salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak, artinya objek matematika berada dalam alam pikiran manusia, sedangkan realisasinya dengan menggunakan benda-benda yang berada disekitar kita. Sifat abstrak ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam matematika. Banyak siswa menganggap bahwa matematika itu sulit. Selama ini guru seakan – akan menjadi pemegang kekuasaan secara penuh di kelas. Guru sebagai objek dan siswa sebagai objek. Pembelajaran terjadi satu arah, siswa hanya sebagai penerima materi saja.
Pembelajaran matematika di kelas IV SD N Geneng 2 masih didominasi oleh guru. Guru memberikan materi dengan metode ceramah. Pada akhir penyampaian materi guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kepahaman siswa, sebagaian besar siswa tidak menjawab. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya namun siswa diam. Pada akhir pembelajaran guru memberikan soal latihan kepada siswa dan siswa diminta mengerjakannya.
Berdasarkan hasil pengamatan nilai ulangan kelas IV SD Negeri Geneng 2, Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dua pecahan yaitu dari 20 siswa, tedapat 5 siswa mendapat nilai ≥65, sedangkan 15 siswa mendapat nilai ≤65. Dapat disimpulkan bahwa hanya 25% siswa dapat mencapai KKM dan 75% belum mencapai KKM.
Berdasarkan hasil fakta di kelas IV SD Negeri Geneng 2 dan hasil konsultasi dengan dosen pembimbing, maka perlunya penerapan pendekatan pembelajaran yang tepat sebagai proses pembelajaran matematika. Salah satu pendekatan pembelajaran matematka yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari (mathematize of everyday experience) dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah pendekatan Matematika Realistik (MR). Pembelajaran Matematika Realistik (MR) memberikan kesempatan siswa untuk menemukan kembali dan mengkontruksi konsep-konsep matematika pada masalah realistik yang diberikan oleh guru. Situasi realistik dalam masalah memungkinkan siswa menggunakan cara-cara informal (cara mereka sendiri dengan pengalaman) untuk menyelesaikan masalah.
B. IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan hasil penelitian yang saya lakukan di kelas IV SD Negeri Geneng 2 banyak sekali penyebab kurangnya hasil belajar matematika materi penjumlahan dua pecahan, diantaranya :
1. Guru masih menggunakan pendekatan lama yaitu ceramah
2. Guru masih berpatokan menggunakan textbook dalam menyampaikan materi.
3. Guru tidak menghubungkan materi dengan dunia nyata siswa.
4. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran.
5. Guru hanya mengukur keberhasilan pembelajaran dari hasil tes ulangan siswa.
C. BATASAN MASALAH
Penelitian ini dibatasi pada pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas IV SD Negeri Geneng 2, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak pada materi pecahan dan operasinya. Pengamatan lebih difokuskan pada keterlaksanaan proses pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic sebagai upaya peningkatan hasil belajar materi pecahan dan operasinya.
D. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Geneng 2 materi penjumlahan dua pecahan dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana penggunaan pendekatan Matematika Realistik pada materi pecahan dan operasinya di kelas IV SD Negeri Geneng 2?
2. Bagaimana peran dan minat siswa terhadap penggunakan pendekatan Matematika Realistik pada materi pecahan dan operasinya di SD Negeri Geneng 2?
3. Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Geneng 2 pada materi pecahan dan operasinya setelah menggunakan pendekatan Matematika Realistik?
E. TUJUAN PENELITIAN
1. Menerapkan pendekatan Matematika Realistik di kelas IV SD Negeri Geneng 2 pada materi pecahan dan operasinya.
2. Mengetahui peran dan minat siswa kelas IV SD Negeri Geneng 2 terhadap pendekatan Matematika Realistik pada materi pecahan dan operasinya.
3. Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Geneng 2 pada materi pecahan dan operasinya.
F. MANFAAT PENELITIAN
Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah :
1. Secara Teoritis
Menjadi bahan informasi ilmiah bagi praktisi pendidikan mengenai pembelajaran menggunakan pendekatan Matematika Realistik serta dapat menjadikan referensi dalam upaya pengoptimalan pembelajaran matematika materi pecahan dan operasinya.
2. Secara Praktis
a. Bagi peneliti dan guru
Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat pada materi pecahan dan operasinya.
b. Bagi sekolah
Sebagai masukan dan dasar pemikiran untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika sesuai dengan pendekatan yang tepat.
c. Bagi pembaca
Memberikan informasi tentang pelaksanaan pembelajaran matematika materi pecahan dan operasinya menggunakan pendekatan matematika realistik.
G. BATASAN ISTILAH
Untuk menghindari penafsiran yang berbeda terhadap istilah-istilah dalam penelitian ini, berikut di jelaskan istilah-istilah sebagai berikut ini :
1. Peningkatan hasil belajar adalah upaya yang dilakukan untuk menciptakan hasil belajar yang lebih optimal.
2. Peningkatan hasil belajar dikatakan berhasil apabila siswa paham dengan materi yang diberikan oleh guru dengan ditandai minimal 75% siswa meningkat hasil belajarnya dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. HAKIKAT BELAJAR
a. Pengertian Belajar
Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melui pengalaman.
Surya, Mohammad (1992 : 23), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali, baik sifat maupun jenisnya, karena tidak setiap perubahan dalam diri seseorang merupakan perubahan dalam arti belajar. Menurut Slameto (2010 : 3-5), ciri-ciri perubahan tingkah laku yang termasuk dalam pengertian belajar, yaitu : (1) perubahan yang terjadi secara sadar, artinya seseorang yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan itu, atau paling tidak dia merasakan bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan; (2) perubahan dalam belajar bersifat kontinu dan fungsional, artinya suatu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna lagi bagi kehidupan ataupun proses belajar berikutnya; (3) perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif, artinya perubahan-perubahan itu senantiasa bertambah dan tertuju untuk memperoleh sesuatu lebih dari sebelumnya; (4) perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara, artinya bahwa tingkah laku yang terjadi setelah belajar akan bersifat menetap; (5) perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah, artinya bahwa perubahan tingkah laku itu terjadi karena ada tujuan yang akan dicapai; dan (6) perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku, artinya bahwa perubahan yang diperoleh seseorang melalui proses belajar.
Kesimpulan dari penjelasan mengenai defininisi belajar adalah proses perubahan tingkah laku akibat dari perbuatan yang sengaja maupun tidak sengaja berdasarkan dari pengalaman-pengalaman yang telah dimilikinya yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
b. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
Menurut Slameto (2010 : 54), ada beberapa factor yang mempengaruhi belajar, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu (intern) dan faktor yang berasal dari luar individu (ekstern).
Dalam faktor intern dikelompokkan menjadi 3 faktor antara lain factor jasmaniah yang meliputi kesehatan dan cacat tubuh, factor psikologis yang meliputi intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dan kesiapan sedangkan faktor terakhir adalah faktor kelelahan.
Dalam faktor ekstern yang mempengaruhi hasil belajar dikelompokkan menjdi 3 faktor yaitu : faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Faktor keluarga meliputi orang tua, relasi anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua dan latar belakang kebudayaan. Faktor sekolah meliputi metode mengajar yang dilakukan oleh guru, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran di atas ukuran, keadaan gedung, metode belajar dan tugas rumah. Sedangkan di dalam faktor masyarakat hal yang mmpengaruhi belajar siswa antara lain kegiatan siswa di masyarakat, mass media, teman bergaul dan bentuk kehidupan masyarakat.
Dari uraian mengenai faktor yang mempengaruhi belajar siswa dapat dikatakan bahwa antara faktor intern yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor ekstern yang berasal luar diri siswa memiliki hubungan yang sangat erat dan keduanya saling mempengaruhi.
BACA JUGA
B. HAKEKAT HASIL BELAJAR
a. Pengertian Hasil Belajar
Hasil belajar merupakan peristiwa yang bersifat internal, yang terjadi di dalam diri seseorang. Peristiwa tersebut dimulai dari adanya perubahan kognitif atau pengetahuan kemudian berpengaruh kepada perilaku. Perilaku belajar seseorang didasarkan pada tingkat pengetahuan terhadap sesuatu yang dipelajari kemudian dapat diketahui melalui tes.
Menurut Dimyanti dan Mudjiono (2006:3-4) hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Hasil interaksi itu menyebabkan perubahan perilaku individu yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Perubahan tingkah laku tersebut diperoleh setelah siswa menyelesaikan program pembelajarannya melalui interaksi dengan berbagai sumber belajar dan lingkungan belajar.
b. Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor dari dalam diri siswa (faktor internal) dan faktor yang dating dari luar diri siswa (faktor eksternal). Faktor yang berasal dari dalam diri siswa meliputi kemampuan yang dimilikinya , motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan psikis. Sedangkan faktor yang berasal dari luar diri siswa meliputi faktor lingkungan, terutama kualitas pengajaran.
C. MATEMATIKA REALISTIK (MR)
a. Hakekat Pendekatan Matematika Realistik
Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari dan menerpakan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah Matematika Realistik (MR). Realistic Mathematica Education (RME) merupakan teori belajar mengajar dalam pendidikan matematika. Teori RME pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan di Belanda pada tahun 1970 oleh Institut Freudenthal. Teori ini mengacu pada pendapat Freudenthal yang mengatakan bahwa matematika harus dikaitkan dengan realita dan matematika merupakan aktivitas manusia. Ini berarti matematika harus dekat dengan anak yang relevan dengan kehidupan nyata sehari-hari. Matematika sebagai aktivitas manusia berarti manusia harus diberikan kesempatan untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika dengan bimbingan orang dewasa, (Gravencher (Suharta, 1 : 2005).
Seperti yang dikatakan Zulkardi (2001 : 1) bahwa Realistic Mathematic Education (RME) atau pendekatan matematika realistik adalah teori pembelajaran yang bertitik tolak dari hal-hal real. Realistic dalam hal ini dimaksudkan tidak mengacu pada realitas tetapi pada sesuatu yang dapat dibayangkan oleh siswa, Prinsip penemuan kembali dapat diinspirasi oleh prosedur-prosedur pemecahan informal, sedangkan proses penemuan kembali menggunakan konsep matematisasi.
Dua jenis matematisasi diformulasikan oleh Traffers yaitu matematisasi horizontal dan matematisasi vertical (Suharta, 1 : 2005). Dalam bermatematika secara horizontal, siswa mengidentifikasi bahwa soal kontstektual harus ditransfer ke dalam soal bentuk matematika untuk lebih dipahami. Menurut Gravemeijer dan Traffers (Suharta,1: 2005) melalui penskemaan, perumusan, dan pemvisualisasian, siswa mencoba menemukan dan hubungan soal dan mentransfernya kedalam bentuk model matematika formal dan tidak formal. Peran guru adalah membentuk siswa menemukan model-model formal dan nonformal dengan memberikan gambaran model-model yang cocok untuk mempresentasikan soal tersebut.
Sedangkan dalam matematika secara vertical, siswa menyelesaikan bentuk matematika formal atau tidak formal dari soal kontekstual dengan menggunakan konsep, operasi dan prosedur matematika yang berlaku dan dipahami siswa. Guru membantu siswa menunjukkan hubungan dari rumus yang digunakan, membuktikan aturan matematika yang berlaku, membandingkan model, menggunakan model yang berbeda, mengkombinasikan dan menerapkan model, serta merumuskan konsep matematika dan menggeneralisasikannya.
b. Langkah-Langkah Pembelajaran Matematika Realistik
Wahyudi dan Kriswandani (2007 : 52) mengemukakan bahwa langkah-langkah pembelajaran dalam pendekatan matematika realistic adalah sebagai berikut :
1. Memahami masalah / soal konteks, guru memberikan masalah / persoalan kontekstual dan meminta peserta didik untuk memahami masalah tersebut.
2. Menjelaskan masalah kontekstual, langkah ini dilakukan apabila ada peserta didik yang belum paham dengan masalah yang diberikan.
3. Menyelesaikan masalah secara kelompok atau individu.
4. Membandingkan dan mendiskusikan jawaban. Guru memfasilitasi diskusi dan menyediakan waktu untuk membandingkan dan mendiskusikan jawaban dari soal secara kelompok.
5. Menyimpulkan isi diskusi.
D. PECAHAN
Menurut Mustaqim dan Ary (2008 : 163), pecahan merupakan bagian dari keseluruhan. Materi pecahan adalah salah satu materi yang di ajarkan pada kelas IV Sekolah Dasar. Adapun materi yang dipelajari dalam pecahan meliputi :
1. Menjelaskan arti pecahan dan urutannya, meliputi :
a. Mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari keseluruhan.
Contoh :
1 bagian lingkaran dibagi menjadi 4 bagian. Jadi masing-masing bagian tersebut bernilai seperempat atau dapat ditulis
b. Mengurutkan pecahan
Jika terdapat beberapa pecahan yang berpenyebut sama, maka untuk mengurutkan pecahan-pecahan itu cukup dengan mengurutkan pembilangnya saja.
2. Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
a. Mengidentifikasi pecahan yang senilai.
Pecahan senilai dapat dicari dengan mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama
Contoh :
senilai dengan =
b. Menyederhanakan pecahan
Pecahan paling sederhana diperoleh dengan membagi pembilang dan penyebut yang sama.
Contoh :
= =
3. Penjumlahan pecahan
a. Melakukan penjumlahan pecahan berpenyebut sama.
Penjumlahan pecahan yang berpenyebut sama dilakukan dengan menjumlahkan pembilang-pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap. Kemudian tuliskan hasilnya dalam bentuk paling sederhana.
Contoh :
+ = =
b. Melakukan penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama.
Penjumlahan pecahan yang berpenyebut berbeda dilakukan dengan cara menyamakan penyebutnya dengan KPK kedua bilangan, jumlahkan pecahan baru seperti pada penjumlahan pecahan berpenyebut sama.
Contoh :
+ = =
4. Mengurangkan pecahan
a. Melakukan pengurangan pecahan berpenyebut sama.
Pengurangan pecahan yang berpenyebut sama dilakukan dilakukan dengan mengurangkan pembilang-pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap. Kemudian tuliskan hasilnya dalam bentuk paling sederhana.
Contoh :
- = = =
b. Melakukan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama.
Aturan pengurangan pecahan yang berbeda penyebutnya yaitu samakan penyebutnya dengan KPK kedua bilangan, kemudian kurangkan pecahan baru seperti pada pengurangan pecahan berpenyebut sama.
Contoh :
- = =
5. Menyelesaikan yang berkaitan dengan pecahan.
Contoh :
Ibu membeli sebuah kue besar, kue tersebut di bagikan kepada anaknya yang berjumlah 2 orang. Berapa jumlah yang diperoleh masing-masing anak?
Jawab :
1 kue dibagikan 2 anak, masing-masing mendapat
E. PENELITIAN TERDAHULU
Pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan matematika realistik merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belaja siswa dalam pembelajaran materi pecahan. Usaha ini dilakukan sehubungan dengan adanya kesenjangan antara materi yang dicita-citakan oleh kurikulum tertulis (intended curriculum), serta perbedaan materi yang diajarkan dengan materi yang dipelajari siswa (relized curriculum).
Penelitian yang dilakukan oleh Soviawati, Evi tentang Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar, hasilnya antara lain siswa tidak hanya mudah mengusai konsep dan materi pelajaran namun juga tidak cepat lupa dengan konsep dan materi yang telah diperolehnya. Pendekatan ini tepat diterapkan dalam mengajarkan konsep-konsep dasar supaya siswa mampu meningkatkan kemampuan berfikrnya yang akhirnya bermuara pada meningkatnya hasil belajar siswa.
Penelitian Romauli, Mika tentang Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Bharlind School Medan, hasilnya antara lain terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik dengan cara kelompok dan cara individu. Hasil belajar yang diajarkan dengan PMR cara kelompok lebih tinggi dibandingkan dengan PMR yang diajarkan secara individu.
Penelitian Zulkardi dan Ilma, Ratu, tentang Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Indralaya, hasilnya antara lain proses pembelajaran siswa dengan menggunakan bahan ajar penjumlahan pecahan berbasis PMRI sangat menuntun siswa untuk mengembangkan ide-ide dan menumbuhkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah, dilihat dari proses yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah.
F. KERANGKA PIKIR PENELITIAN
Salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai kajian objek yang abstrak. Sifat abstrak ini menjadikan banyak siswa kesulitan dalam matmatika. Pembelajaran matematika saat ini lebih cenderung bagaimana matematika dapat diaplikasikan dalam dunia nyata bukan sebaliknya objek nyata digunakan sebagai membentuk konsep matematika. Kegiatan pembelajaran matematika yang kurang terikat dengan kehidupan nyata dan alam pikiran siswa sering menjadikan matematika yang kurang dipelajari kurang bermakna dan kurang menarik.
Pendekatan matemtika realistik dapat membantu mengkonkretkan konsep-konsep matematika yang abstrak. Salah satu pembelajaran matematika yang beorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari serta menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah pendekatan pembelajaran matematika realistik (MR). Dengan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistic (MR) diharapkan siswa lebih mudah menangkap dan memahami konsep matematika yang nantinya bermuara pada peningkatan hasil belajar siswa.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
Penelitian Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dan Operasinya dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (MR) pada Siswa Kelas IV SD Negeri Geneng 2, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengatasi suatu permasalahan atau memperbaiki suatu pembelajaran di dalam kelas.
A. PENDEKATAN DAN JENIS PENELITIAN
Penelitian tindakan ini mengambil bentuk penelitian tindakan kelas kolaborasi, dimana peneliti berkolaboasi dengan guru yang tergabung dalam satu tim untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam praktik pembelajaran. Hubungan antara peneliti dan guru bersifat kemitraan, sehingga kedudukan peneliti dan guru adalah sama untuk mengupayakan persoalan-persoalan yang akan diteliti. Dengan demikian peneliti dituntut untuk bisa terlibat secara langsung dalam PTK ini. Adapun yang melaksanakan pembelajaran adalah siswa dan peneliti, sedangkan guru sebagai pengamat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, dimana pengambilan data dilakukan secara alami dan data yang diperoleh berupa kata-kata dan gambar. Sesuai dengan pengertian penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistic dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.
B. WAKTU DAN TEMPAT PENELITIAN
1. Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016 yaitu pada Oktober sampai Desember 2015.
2. Tempat Peelitian
Penelitian ini di lakukan di kelas IV SD Negeri Geneng 2, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak.
C. DESAIN PENELITIAN
Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Model visualisasi bagan yang disusun oleh Kemmis dan Mc Taggart adalah sebagai berikut :
a. Perencanaan atau planning
Rencana penelitian tindakan merupakan tindakan yang terstruktur dan terencana namun tidak menutup kemungkinan untuk mengalami perubahan sesuai situasi dan kondisi yang tepat.
b. Tindakan atau acting
Yang dimaksud tindakan atau acting dalam penelitian ini adalah tindakan yang dilakukan secara sadar dan terkendali yang merupakan variasi praktek yang cermat dan bijaksana. Tindakan yang dilakukan berdasarkan pada perencanaan yang telah disusun sesuai dengan perencanaan.
c. Observasi atau observing
Observasi pada tindakan ini berfungsi untuk mendokumentasikan hal-hal yang terjadi selama tindakan.
d. Refleksi atau reflecting
Refleksi adalah mengingat dan merenungkan kembali sutau tindakan yang telah dilakukan sesuai dengan hasil observasi.
D. INSTRUMENT PENELITIAN
Instrument penilaian adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hasilnya lebih baik, dalam arti lebih cermat, dan sistematis sehingga lebih mudah diolah. Dalam penelitian ini, untuk kepentingan mengumpulkan data digunakan beberapa instrument, antara lain:
a. Lembar observasi
Lembar observasi berisi catatan yang menggambarkan aktivitas peneliti dan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas. Format lembar observasi yang digunakan adalah format observasi sistematis yang berbentuk isian untuk mengetahui tindakan selama proses pembelajaran.
b. Wawancara
Wawancara dilakukan tidak terstruktur kepada siswa, artinya wawancara hanya dilakukan kepada siswa yang dipilih tentang aktivitas, tanggapan, dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika realistik.
c. Jurnal harian
Jurnal harian berisi catatan kejadian yang belum terdapat dalam lembar observasi. Jurnal harian ini digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran serta untuk mendeskripsikan aktivitas siswa maupun pengajar selama proses pembelajaran.
d. Bahan ajar
Bahan ajar terdiri dari buku guru, buku siswa, Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
e. Lembar evaluasi
Lembar evaluasi ini berupa soal ulangan isian sebagai tolak ukur kompetensi siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Lembar instrument tersebut sebenarnya tercakup dalam sebuah instrument pokok yakni peneliti itu sendiri. Penelitian tindakan kelas sebagai peneliti bertradisi kualitatif dengan latar atau setting yang wajar dan alami yang diteliti, memberikan peranan penting kepada penelitnya yakni sebagai satu-satunya instrument karena manusialah yang dapat menghadapi situasi yang berubah-ubah dan tidak menentu.
Lihat Juga :
E. LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
Langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Personel yang terlibat
Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru dalam satu tim. Guru sebagai observer sedangkan peneliti dan siswa sebagai pelaksana pembelajaran. Semua tindakan didiskusikan antara peneliti dan guru.
b. Penyusunan instrument pembelajaran
Instrument pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan ajar terdiri dari buku guru, buku siswa, lembar kegiatan siswa (LKS), dan lembar evaluasi.
c. Skenario tindakan
1. Penyusunan perencanaan (planning)
Peneliti melakukan observasi awal, wawancara, dan diskusi dengan guru untuk mengetahui permasalahan yang ada dalam pembelajaran matematika di kelas. Setelah peneliti mengetahui permasalahan yang terjadi, peneliti bersama guru yang tergabung dalam tim kolaborasi menyusun rencana tentang tindakan apa yang akan dilakukan untuk memperbaiki, meningkatkan atau mengubah perilaku dan sikap siswa yang diinginkan sebagai solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada. Solusi yang diterapkan adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik.
2. Pelaksanaan tindakan (acting)
Peneliti melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan realistik berdasarkan pada rencana tindakan yang tertuang dalam rencana pembelajaran sebagai upaya perbaikan, peningkatan, dan perubahan yang dihaapkan. Dalam tahap ini sangat dipengaruhi situasi dan kondisi pada waktu pembelajaran berlangsung sehingga perencanaan tindakan bersifat fleksibel.
3. Observasi (observing) dan perekaman tindakan.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengamati pelaksanaan dan hasil serta dampak dari tindakan yang dilakukan. Tahap ini dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Tahap ini dilakukan oleh guru sebagai observer. Catatan dan dampak tindakan diperoleh dari lembar observasi, wawancara, jurnal harian dan dokumentasi berupa foto kegiatan pada saat pembelajaran. Observer hanya melakukan pencatatan atas apa yang dilihat dan didengar. Observer harus bersifat deskriptif dan netral.
4. Refleksi (Reflecting)
Peneliti dan guru menganalisa, menginterprestasikan dan menyimpulkan hasil dan dampak dari tindakan yang dilakukan berdasarkan data dari hasil observasi (monitoring) dan perekaman tindakan. Data hasil monitoring dan perekaman tindakan disusun secara urut dan teratur.
F. TEKNIK ANALISIS DATA
Analisis data yang digunakan adalah analisis data diskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil observasi tentang proses pembelajaran, hasil wawancara dan jurnal harian. Data tambahan yang diperoleh dari wawancara tidak terstruktur dengan siswa dan data dari foto kamera sebagai pertimbangan. Kemudian data diperoleh dan dianalisis dalam beberapa tahap sebagai berikut :
a. Reduksi data
Tahap ini dilakukan untuk merangkum data, memfokuskan pada hal-hal penting.
b. Triangulasi
Triangulasi adalah suatu cara untuk menghilangkan perbedaan-perbedaan konstruksi kenyataan yang ada dalam konteks suatu studi sewaktu pengumpulan data tentang berbagai kejadian dan hubungan dari berbagai pandangan. Triangulasi pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan data hasil observasi, data hasil wawancara dengan guru dan diperkuat dengan data dari jurnal harian, wawancara tidak terstruktur dengan siswa dan data dari dokumen kamera.
c. Display data
Data hasil reduksi data dan triangulasi kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Selanjutnya data hasil analisis disajikan dalam bentuk terstruktur sehingga data mudah dipahami secara keseluruhan atau pada bagian tertentu. Selain itu data ditampilkan pula dalam bentuk foto untuk memahami hal-hal yang bersifat subjektif. Data tes dihitung presentase ketuntasannya dengan rumus :
x 100%
Presentase siswa yang meningkat hasil belajarnya dihitung dengan rumus :
x 100%
d. Kesimpulan
Data yang diperoleh setelah dianalisis kemudian diambil simpulannya apakah tujuan dari pembelajaran sudah tercapai atau belum. Apabila belum tercapai dilakukan tindakan selanjutnya dan apabilasudah tercapai penelitian dihentikan.
G. INDIKATOR KEBERHASILAN
Apabila penggunaan pendekatan matematika realisttik (MR) dalam kegiatan pembelajaran matematika telah meningkat hasil blajar matematika siswa lebih dari 75% maka penelitian akan dihentikan. Amgka 75% ini berdasarkan pada hasil pre test yang dilakukan peneliti.
Contoh Proosal Ini Ditulis Oleh : Kurniawan Prasetyo Aji
Contoh Proosal Ini Ditulis Oleh : Kurniawan Prasetyo Aji
DAFTAR PUSTAKA
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.
Mustaqim & Ary. 2008. Ayo Belajar Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soviawati, Evi. 2011. “Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar”.Jurnal of Education, ISSN 1412-565X , No.2, pp.79-85
Romauli, Mika. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Bharlind School Medan”. Jurnal Tematik, ISSN : 1979-0633, Vol.003, No.12,pp.1-18
Suharta. 2005. Matematika Realistik Apa dan Bagaimana. http:www.depdiknas.go.id. diakses 15 September 2007.
Surya, Mohammad. 1992. Psikologi Pendidikan (Cetakan ke-5 Edisi Revisi). Bandung: Jurusan PBB UPI.
Wahyudi dan Kriswandi. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. 123. Salatiga: ISBN.
Zukardi dan Ilma, Ratu. 2010. “Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Indralaya”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4. N0. 2
Zulkardi. 2001. How to Design Mathematics Lessons on the Realistic Approach?. www. Geocities.com/ratuilma/PMR.html. diaskes 28 Agustus 2007.
Baca Juga :
0 Response to "Contoh Proposal PTK SD Kelas 4 : Peningkatan Hasil Belajar Matematika dg Pendekatan Matematika Realistic"
Posting Komentar